^.^

Minggu, 06 Maret 2011

Panduan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL)

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa atas berkat dan anugerah-Nyalah maka Panduan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) pada SMA 3 Singkawang tahun 2010 dapat diselesaikan dengan baik sesuai dengan tujuannya yaitu untuk meningkatkan mutu pelayanan dan mutu akademik pendidikan di SMA 3 Singkawang yang termaktub dalam Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional PendidikanPermendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses, Lamp. II tentang Perencanaan Proses Pembelajaran, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Panduan PBKL ini diselesaikan berkat bimbingan dan arahan dari berbagai pihak. Untuk itu ucapan terima kasih yang tak terhingga kami sampaikan kepada :
1. Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat beserta jajarannya.
2. Dinas Pendidikan Kota Singkawang
3. Komite SMA 3 Singkawang
4. Tim Pengembang PBKL SMA 3 Singkawang
5. Tim SKM SMA 3 Singkawang
6. TIM PSB SMA 3 Singkawang
7. Seluruh dewan guru SMA 3 Singkawang
Panduan PBKL SMA 3 Singkawang ini belumlah sempurna, kiranya saran dan kritik dari semua pihak sangatlah kami harapkan untuk penyempurnaannya.
Singkawang, Juli 2010
Kepala SMA 3 Singkawang
Bachraini Subhani, S.Pd


Standar Kompetensi Kelulusan Mata Pelajaran Pariwisata Yang Terintegrasi dalam Mata Pelajaran Lain Program PBKL SMA 3 Singkawang
  1. Pariwisata yang terintegrasi dalam Mata Pelajaran Geografi
    1. Memahami hakikat objek, ruang lingkup,struktur dan pendekatan Geografi dalam memahami objek-objek Pariwisata
    1. Menganalisa Konsep wilayah dan Pewilayahan dalam kaitannya dengan Potensi sumber alam Pariwisata
  1. Pariwisata yang terintegrasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Prancis
    1. Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana Lisan berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang Jenis jenis Pariwisata
    1. Berbicara
Mengungkapakan makna secara Lisan dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang Pariwisata
    1. Membaca
Memahami makna dalam wacana tertulis berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang Pariwisata
    1. Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang Pariwisata
  1. Pariwisata Yang terintegrasi dalam Mata pelajaran IT
    1. Memahami dasar dasar bahasa pemrograman untuk membuat Program program sederhana yang fungsinya untuk promosi Pariwisata
    1. Memahami, merancang dan melakukan Konfigurasi dasar dasar jaringan sederhana untuk kepentingan Promosi Pariwisata
  1. Pariwisata yang terintegrasi dalam Mata Pelajaran Ekonomi
    1. Mendiskripsikan kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi dalam kaitannya dengan Pariwisata
    1. Mendiskripsikan Kegiatan Ekonomi dalam kaitannya dengan Pariwisata
  1. Seni Budaya
    1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik tradisional dan non tradisional dalam kaitannya dengan Promosi Pariwisata
    1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tradisional dan non tradisional dalam kaitannya dengan promosi pariwisata
    1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan tradisional dan non tradisional dalam kaitannya dengan Promosi Pariwisata
  1. Latar Belakang
Kota Singkawang Merupakan Kota yang Dikelilingi oleh lautan dan Pegunungan yang merupakan keindahan Alam yang alami. Modal dasar inilah yang menjadikan ide Pemerintah Kota Singkawang untuk menjadikan Kota Singkawang menjadi Kota Pariwisata sehingga terciptalah motto “Pasti Ke Singkawang”. Dalam Mengembangkan program Pariwisata kotasingkawang memerlukan dukungan yang aktif dari segenap masyarakat yang ada di Kota Singkawang. Melihat situasi seperti ini SMA 3 Singkawang mempunyai pemikiran untuk menganalisis apa saja yang dapat dilakukan untuk membantu program Pemerintah kota Singkawang ini.
Namun karena SMA 3 Singkawang adalah Institusi yang bergerak dibidang pendidikan maka program untuk membantu Pemerintah Kota Singkawang haruslah melihat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional telah menetapkan visi pendidikan nasional dalam mewujudkan sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia agar berkembang menjadi manusia yang berkualitas, sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.
Melihat visi pendidikan nasional ini SMA Negeri 3 Kota Singkawang merasa tertantang untuk menjawab dan menjalankan visi pendidikan nasional yang telah dijabarkan dengan terperinci dan memiliki tujuan khusus yaitu mencerdaskan kehidupan anak bangsa yang nantinya akan menjadi tonggak berdirinya negara Indonesia yang maju dan berkualitas dimata dunia, namun tidak mengesampingkan untuk mendukung Program Pemerintah Kota Singkawang Maka SMA Negeri 3 Singkawang dengan visi “Terwujudnya Pendidikan yang berkualitas, Teladan dalam berprilaku, cinta ilmu pengetahuan dan Tekhnologi Informasi” mempunyai tujuan dan pengharapan yang besar agar hasil yang dicapai oleh siswa selama bersekplah di SMA 3 adalah :
1. Menjadi manusia yang berkualitas dan mental yang kuat untuk bersaing
2. Menjadi Manusia yang Santun dan berbudi pekerti yang baik untuk bekal hidupnya nanti kedepan
3. Mampu bersaing di bidang tekhnologi dalam penerapan ilmunya masing masing
4. Menjadi SDM yang tangguh dan dapat menjadi andalan kelak dikemudian hari
Dengan dasar dan pedoman Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, SMA Negeri 3 Kota Singkawang dalam penyelenggaraan pendidikan dan menyusun kurikulum mengacu pada Bab X pasal 36 ayat (3) yaitu menyatakan kurikulum disusun sesuai dengan jenjang pendidikan dalam kerangka Negara Kesatuan Indonesia dengan memperhatikan :
a) peningkatan iman dan takwa
b) peningkatan akhlak mulia
c) peningkatan potensi, kecerdasan dan minat peserta didik
d) keragaman potensi daerah dan lingkungan
e) tuntutan pembangunan daerah dan nasional
f) tuntutan dunia kerja
g) perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
h) agama
i) dinamika perkembangan global
j) persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan
Dalam perkembangannya kurikulum yang ada SMA Negeri 3 Kota Singkawang untuk Tahun Pelajaran 2010 / 2011 telah terpilih sebagai salah satu sekolah penyelenggara program rintisan Sekolah Pusat Sumber Belajar (PSB) dan melihat dasar hukum yang diuraikan diatas, maka SMA Negeri 3 Kota Singkawang sebagai sekolah penyelenggara program Sekolah Pusat Sumber Belajar (PSB) mengoptimalisasikan mata pelajaran yang telah diselanggarakan di SMA Negeri 3 Kota Singkawang dengan mengintegrasikan dalam program keunggulan lokal. Untuk itu perlu adanya analisis yang kompleks dari segala sisi demi untuk mencapai tujuan-tujuan yang akan dilaksanakan dalm Program PBKL.
Keunggulan lokal yang dimaksud merupakan suatu proses dan realisasi peningkatan nilai dari suatu ciri khas kedaerahan dan potensi daerah, sehingga menjadi produk / jasa atau karya lain yang bernilai tinggi, bersifat unik dan memiliki keunggulan komparatif. Dimana SMA Negeri 3 Kota Singkawang dalam penyelenggaraan program pendidikan berbasis keunggulan lokal sebagai bagian dari rintisan sekolah Model PSB mengacu dan melatar belakangi kegiatan berdasarkan :
1) Sumber Daya Alam (SDA)
2) Sumber daya Manusia (SDM)
3) Geografis
4) Budaya
5) Bakat, minat dan potensi peserta didik
6) Ketersediaan daya dukung dari satuan pendidikan (internal dan eksternal)
Setelah mendapatkan dan melihat hasil analisis Eksternal dan maka dapat disimpulkan bahwa SMA 3 Singkawang sangat cocok dan mampu melaksanakan program PBKL yang terintegrasi kedalam mata pelajaran yaitu Pariwisata.
Program Pariwisata dianggap berpotensi dalam kancah perekonomian daerah khususnya kota Singkawang yang memang telah dijadikan Ikon PAriwisata Di KALBAR. Sehingga peserta didik yang menimba ilmu di SMA Negeri 3 Kota Singkawang sebagai program Sekolah Model SKM, PBKL dan PSB harus dibekali ilmu tentang pengetahuan seputar Pariwisata pada umumnya maupun Pariwisata Kota Singkawang pada Khususnya.
Adapun program pilihan keunggulan Program PBKL berupa Pariwisata yang menjadi pilihan untuk penyelenggaraan program PBKL di SMA Negeri 3 Kota Singkawang, dan ini telah dibicarakan secara bersama-sama sehingga dapat disimpulkan bahwa perlunya integrasi kedalam mata pelajaran tertentu yang relevan. Karena ini semua tidak lepas dari pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang telah disusun sebelumnya dan menjadi acuan dasar penyelenggaraan proses pendidikan di SMA Negeri 3 Singkawang.
Mata pelajaran yang dianggap relevan berintegrasi dengan program keunggulan Pariwisata adalah :
1) Seni Budaya
Mata pelajaran ini dipilih karena didalam mata pelajaran ini Apresiasi dan Ekspresi Seni merupakan tujuan Pembelajaran, sehingga siswadiharapkan dapat mengapresiasi Seni tari, musik dan rupa yang ada dikota singkawang. Tidak hanya sebatas itu tetapi juga diharapkan dapat mengekspresikan diri kedalam Seni tersebut yang pada akhirnya dapat dipentaskan dalam pementasan agenda Seni Budaya Singkawang yang tujuannya adalah untuk menarik minat para turis datang ke Kota Singkawang.
2) Geografi
Secara geografis, kota Singkawang adalah kota yang dikelilingi oleh lautan dan pegunungan hijau yang merupakan keindahan alami. Dengan demikian Pariwisata sangatlah relevan untuk diintegrasikan kedalam mata pelajaran Geografi. Disini akan dijelaskan secara rinci tentang keadaan geografis kota Singkawang.
3) Bahasa Asing ( Prancis )
Bahasa asing merupakan modal untuk memperkenalkan kepada dunia tentang Pariwisata Kota Singkawang, ini bisa secara langsung maupun secara tidak langsung yaitu dalam bentuk tulisan di Koran ataupun di Web site yang dapat dibaca oleh orang seluruh dunia. Karena SMA 3 Singkawang mempunyai tenaga pengajar yang merupakan Sarjana Pendidikan Bahasa Prancis, maka mata pelajaran ini tentunya sangat sesuai jika didalamnya terintegrasi pelajaran Pariwisata.
4) Ekonomi
Secara ekonomi memang sudah sangat jelas bahwa pengelolaan Pariwisata haruslah mempunyai ilmu ekonomi demi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Maka Mata pelajaran Ekonomi merupakan salah satu mata pelajaran yang akan mengintegrasikan Pariwisata.
5) IT
IT merupakan mata pelajaran Mulok di SMA 3 Singkawang yang menerapkan ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari. Jadi diharapkan dengan menginterasikan mata pelajaran ini kedalam program Pariwisata, para peserta didik dapat mencari informasi pariwisata melalui internet, maupun berperan aktif menulis tentang Pariwisata Kota Singkawang di dunia maya.
B. Tujuan
Tujuan adanya analisis program PBKL pada Sekolah PSB di SMA Negeri 3 Singkawang adalah :
1. SMA 3 Singkawang dapat menentukan mata pelajaran apa yang akan dijadikan keunggulan Lokal dalam pelaksanaan PBKL
2. Memetakan mata pelajaran apa saja yang sesuai untuk ditumpangi dalam pembelajaran Keunggulan lokal yang dalam hal ini adalah Pariwisata.
3. Mendapatkan acuan yang jelas dalam mengembangkan mata pelajaran keunggulan lokal.
4. Mencari Alternatif-alternatif apa saja untuk mengembangkan Program Pariwisata
5. Menjadikan SMA 3 singkawang sekolah yang berbasis keunggulan Lokal yang sesuai dengan keadaan perkembangan Kota Singkawang.
C. Hasil Yang Diharapkan
Dengan analisis yang telah disusun dalam rangka persiapan penyelenggaraan program PBKL pada Sekolah PSB di SMA Negeri 3 Singkawang maka diharapkan :
“Terciptanya suatu Program yang mampu dilaksanakan oleh Sekolah dan mempunyai hasil yang nyata dalam membantu Program yang sedang digalakkan Di Kota Singkawang.” Dalam hal ini adalah Pariwisata.
D. Alokasi Waktu
Program Pendidikan Berbasis Keuanggulan Lokal (PBKL) pada Sekolah PSB SMA 3 Singkawang untuk Tahun Pelajaran 2010 / 2011 dilaksanakan dari bulan Juli 2010 sampai dengan Juni 2011. Sehingga diharapkan program dapat berjalan secara komprehensif dan berkelanjutan.Sedangkan analisis program yang akan digunakan dilaksanakan pada awal Juli 2010.
E. Tim PBKL
Untuk kelancaran Program Pendidikan Berbasis Keuanggulan Lokal (PBKL) pada Sekolah PSB SMA 3 Singkawang, pada saat analisis program disusun maka tim pengembang PBKL dibentuk dengan susunan sebagai berikut :
1. Kepala Sekolah : Bachraini Subhani, S.Pd
2. Penanggung Jawab Program : Dedy Ridansyah, S.Pd
3. Bendahara : Dra, Ginung Peniwati
4. Sekretaris : Leya Alihsetyarini, S.Si
5. Anggota : Sandra Samkara, S.Pd dan Suparno, S.Pd


Inventarisasi dan Analisis Kondisi Eksternal Satuan Pendidikan
Khususnya Kota Singkawang

NO
KOMPONEN
KONDISI RIIL
PELUANG
TANTANGAN
POTENSI PBKL YANG DAPAT DIKEMBANGKAN
1
2
3
4
5
Sumber Daya Alam
Lokasi Geografis
Sumber daya Manusia
Budaya
Sejarah
Kota Singkawang memiliki pendudukterdiri dari berbagai etnis dengan keragaman seni budayanya
Kota Singkawang memiliki landscape yang sangat variatif terdiri dari dataran tinggi, dataran rendah
Berupa lautan dan pegunungan yang sejuk
Mempunyai banyak Sumber daya manusia yang mampu mendukung majunya Seni Budaya contoh: Seniman, guru seni.
Merupakan kota budaya yang telah hidup dan tumbuh ratusan tahun yang lalu dengan beragam budaya berdasarkan suku bangsa yang hidup berdampingan
Pengembangan seni budaya
Kegiatan seni yang masih minim dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan sekolah
Sumber daya manusia yang ada berpeluang untuk dikembangkan dengan penanganan khusus yang nantinya akan mampu memaksimalkan seni di Singkawang
Keaneka ragaman seni budaya ini merupakan peluang untuk memajukan kota Singkawang
Belum maksimalnya pemerintah mendukung kegiatan seni di kota Singkawang
Memaksimalkan potensi seni yang ada dengan cara cara yang mudah dan dapat dipertanggung jawabkan.
Harus mampu memberikan masukan masukan dan ide ide segar yang dapat menjadikan masukan dan motivasi bagi SDM tersebut
Karena keanekaan seni budaya ini sering terjadi terjadi perbedaan pendapat antara masyarakat yang diawali dengan ketidak samaan budaya
Seni Budaya yang hubungannya mempertahankan eksistensi seni kota singkawang
Memajukan seni secara langsung maupun lewat dunia internet
Mengadakan festival-festival seni yang dapat memacu kreatifitas
Membuat berbagai macam kegiatan lintas budaya yang dapat diikuti oleh siapa saja dengan tujuan utama adalah memajukan seni







INVENTARISASI DAN ANALISIS KONDISI INTERNAL SATUAN PENDIDIKAN
No
Komponen
Kondisi Ideal
Kondisi Rill
Kekuatan
Kelemahan
Kesiapan Sekolah

1
Peserta Didik
32 perkelas
Angka Melanjutkan Sekolah Keperguruann tinggi 100%
Kelas X dan XII 32 Perkelas tetapi kelas XI 42 siswa perkelas
Angka Melanjutkan75%
Tinggal dikota multi seni budaya
Sering terlibatmenampilkan kesenian,mempunyai kemampuan dibidang seni yang cukup
Paham betul dengan seni baik modern maupun tradisional
Sebagian siswa yang pernah terlibat paham betul cara menampilkan kesenian yang sangat menarik
Terbatasnya sarana pendukung kegiatan seni
Minimnya kemampuan dibidang materi yang sangat mendukung dalam pementasan
Memfasilitasi buku2 tentang pengetahuan seni khususnya kota singkawang
Memfasilitasi tempat maupun materi demi untuk mendukung penampilan kesenian yang dipentaskan siswa SMA 3







---

Inventarisir Potensi Keunggulan Lokal ditinjau dari berbagai sisi
1. SDA : Kota Singkawang memiliki penduduk yang sangat bervariatif
yang terdiri dari berbagai etnis dengan keragaman seni budayanya.
2. SDM : Adanya berbagai etnis di kota Singkawang yang masing-masing
mempunyai seni budaya.
3. Sejarah :
4. Budaya : Merupakan kota dengan berbagai macam budaya dan seni
5. Geografis : Kota Singkawang memiliki landscape yang sangat bervariatif
yang terdiri dari dari dataran rendah dan dataran tinggi
Tema : Seni Budaya


PENUTUP
Dengan tersusunnya Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL)ini diharapkan guru mempunyai kemampuan yang besar untuk memberdayakan diri dalam melaksanakan Program PBKL ini.
Panduan ini hendaknya bukanlah hanya sebagai pelengkap hiasan lemari kaca saja, tetapi haruslah dijadikan pedoman untuk melaksanakan pembelajaran berbasis Keunggulan Lokal.
Kami menyadari bahwa Panduan ini masih jauh dari sempurna, tetapi inilah yang mampu kami buat dan kerjakan agar guru-guru yang mengampu mata pelajaran PBKL yang telah diintegrasikan dalam beberapa mata pelajaran dapat melaksanakan dengan sebaik baiknya.
Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Template By:
SkinCorner